[Video] Beginilah Peran Tari Saman dalam Menjaga Hutan Leuser

picsart_12-09-11-40-35Kabupaten Gayo Lues sebagai salah satu daerah pegunungan di Provinsi Aceh memiliki kekayaan sumber daya alam dan budaya yang penting bagi dunia, yakni hutan Leuser dan Tari Saman.

Mengingat pentingnya Leuser untuk banyak manusia di bumi, maka perlu kampanye konservasi (Perlindungan dan pelestarian hutan) terus dilakukan.

Sejak dulu tari Saman menjadi salah satu seni budaya yang kuat dan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan pentingnya menjaga lingkungan melalui syair-syair saman.

Berikut ini kami tampilkan salah satu video pendek berdurasi 1 menit lebih yang kami kutip dari salah satu akun media you tube. Video ini menggambarkan bagaimana peran tari Saman asal Gayo Lues dalam menjaga hutan. Melalui syairnya yang berisikan nasehat tentang pentingnya menjaga hutan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Akun Saman dan Leuser; “Tari Saman bagi masyarakat Gayo memang bukan hanya sekedar pertunjukan seni. Gerakannya yang tidak biasa selalu diiringi syair sebagai syiar yang akan didengar lintas generasi. Tentang hutan leuser sebagai paru-paru dunia, tentang hutan leuser sebagai rumah berbagai flora dan fauna, dan yang tidak kalah penting tentang hutan leuser sebagai sumber mata air, air yang mengaliri rumah-rumah, tempat ibadah, serta sawah dan kebun masyarakat dari dulu sampai hari ini”.

Saksikan video bagaimana peran Tari Saman dalam menjaga hutan Leuser dengan mengklik tautan di bawah ini;

[Video] Peran Tari Saman dalam Menjaga Leuser

(Tim TIC Gayo Lues)

 

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×