Tim Europalia dan Kemendikbud Kunjungi Gayo Lues Seleksi Tim Tari Saman

Foto: Firdaus

Foto: Firdaus

Sejumlah tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Tim Europalia kunjungi Kab. Gyo Lues untuk menyaksikan secara langsung sekaligus menyeleksi penampilan Tari Saman dari sejumlah grup yang ada di Negeri Seribu Bukit tersebut. Penyeleksian digelar di Balai Musara Gayo Lues pada Jum’at (21/4/2017) pagi kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata Kab. Gayo Lues, Syafruddin, S.Sos di lokasi acara menjelaskan, pihaknya diminta oleh Kemendikbud untuk mengundang sejumlah tim penari Saman untuk dikurasi sebagai tahap awal mengikuti kegiatan di Belgia.

“Kita sudah undang sejumlah tim penari Saman yang dianggap berpotensi diantaranya penari Saman dewasa dan cilik,” terang Syafruddin.

Selanjutnya, tambah Syafruddin, tim kurator Europalia akan menyaksikan langsung sekaligus merekam semua aksi dari masing-masing penari saman sebagai bahan penilaian merea di Jakarta.

“Siapapun yang terpilih nanti, kita berharap bisa membawa nama harum Indonesia secara umum, khususnya Gayo Lues,” tutup Syafruddin.

Syafrufdin juga mengapresiasi atas kehadiran dua Kementerian yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengurasi Tari Saman (Kemendikbud) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menggelar pelatihan di Gayo Lues.

“Kami bersyukur dalam bulan ini saja dua Kementerian sudah turun langsung ke Gayo Lues dalam rangka meningkatkan kualitas Pariwisata. Artinya saat ini Gayo Lues lebih difokuskam oleh pemerintah pusat dalam bidang Pariwisata. Tentu komunikasi ini akan terus kita jali. Dengan baik,” timpal Syafruddin. (Tim TIC Gayo Lues)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×