Melirik Potensi Wisata dan Ekonomi Putri Betung Bersama Komunitas Vespa

Foto: Insetgalus.com

Foto: Insetgalus.com

Komunitas Vespa Gayo Lues mengadakan kunjungan dan silaturahmi ke Kecamtan Putri Betung yang disambut oleh Camat setempat pada Minggu, 29 Februari 2016 kemarin.

Komunitas Vespa yang dimotori Kasubbag Humas Polres dan KBO Lantas Gayo Lues Iptu Syamsul Batu Bara, memilih Putri Betung sebagai ajang touring wisata bersama komunitas Vespa. Komunitas ini merupakan kumpulan dari 9 orang yang keanggotaannya terbuka untuk umum.

Komunitas ini lahir untuk merekatkan para pecinta vespa sekaligus sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi. Setelah menapaki 7 jam lebih Kecamatan Putri Betung, komunitas Vespa Gayo Lues, melihat potensi Kecamatan tersebut sangat menjanjikan untuk mendokrak ekonomi dan wisata Gayo Lues.

Melihat keindahan alam serta wisata kuliner. “ Touring dengan vespa memiliki sensai tersendiri selain untuk refreshing dan liburan menghilangkan kejenuhan selama bekerja, “ tutur Iptu Syamsul Batu Bara. Selasa (1/3/2016).

Selain itu, Aiptu Dalimunthe, mengisahkan keberangkatan komunitas selama 7 jam perjalan pulang pergi, tanpa pengalaman sebelumnya mengendarai vespa tua ke arah Putri Betung, dan tentu saja banyak tantangan yang dihadapi selama perjalanan terutama saat akan mendaki setiap tanjakan dan melewati ratusan tikungan dengan vespa bukahlah hal yang mudah, kalau tidak terbiasa.

Namun kata Munthe, semua itu telah terbayarkan saat rehat sejenak melihat panorama alam yang masih asri selama perjalanan, dan begitu juga menikmati kuliner di perjalanan merupakan khas tersendiri bagi para komunitas Vespa.

Camat Putri Betung, Said Idris Wintareza didampingi anggota DPRK Gayo Lues H Syamsuar yang menerima kehadiran komunitas Vespa, merincikan segala potensi Kecamatan Putri Betung, antara lain kata Said.

Luas wilayah Putri Betung mencapai, 99.883 luas wilayah, yang terdiri dari 95 persen kawasan hutan Leuser, dengan jumlah penduduk sebanyak 9.336 jiwa, yang merupakan jumlah penduduk tertinggi nomor 3 se- Gayo Lues setelah Kecamatan Blangkejeren dan Kecamatan Kutepanyang.

Sedangkan jumlah Kampung, 9 defenitip, 4 kampung persiapan dan 2 kemukiman, sementara fasilitas kesehatan, 1 Puskesmas, 14 Poskesdes. Yang didukung dengan fasilitas lain, seperti 5 UPTD, 1 Polsek dan 1 Pos Ramil.

Selain fasilitas, ada lagi yang lebih menarik kata Said, yakni Kecamatan Putri Betung penghasil terbesar yang menyumbangkan PAD, hal ini terlihat dari potensi hasil bumi, seperti luas kemiri masyarakat sebanyak 5.332 hektar.

1.584 hektar tanaman kakao, 143 hektar tanaman jahe, cabai sebanyak 180 hektar, jagung 420 hektar, durian  80 hektar, Nilam dan berbagai atsiri lainnnya 12 hektar, 20 hektar Nira.

Daya tarik wisata di Kecamatan Putri Betung, antara lain 45 Km jalur Rafting yang diperkirakan sudah memiliki Grade Nasional. Dan, 9 air terjun, yang tertinggi 200 meter di Air Panas.

Selain itu masih ada lagi, yakni Kecamatan Putri Betung telah memiliki tenaga listrik tersendiri dengan kekuatan 2.2 MWH PLTMH, bahkan 500 KWH sudah dijual ke Kabupaten Aceh Tenggara. (Insetgalus.com)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×