Malam Ini, Dispar Sajikan Kolaborasi Saman, Bines dan Didong di Pentas Seni Gayo Lues

PicsArt_03-10-10.30.54Penyelenggaraan acara Pentas Seni dalam rangka menyambut HUT Kab. Gayo Lues yang Ke-15 yang akan digelar nanti malam yakni Minggu (12 Maret 2017) mulai pukul 20.00 WIB di Lapangan Pancasila Blangkejeren akan menyuguhkan berbagai macam penampilan seni baik tradisional dan moderen.

Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif, Sirdalima bersama Kabid Kebudayaan di Dinas Pariwisata Gayo Lues yakni Zulkifli menjelaskan, pada malam acara pihaknya juga akan menampilkan kolaborasi antara tari Saman, Bines dan Didong Gayo.

Zulkifli menjelaskan, kolaborasi ini langsung dirancang oleh Kepala Dinas Pariwisata senidiri yakni Syafruddin, S.Sos,”Beliau ingin membuat sebuah inovasi pada tarian tradisional kita namun tanpa mengubah keasliannya. Mungkin dengan inovas-inovasi atau ide-ide baru seperti ini, anak-anak kita menjadi semakin cinta dengan kebudayaan daerahnya sendiri,” terang Zulkifli.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Syfaruddin, S.Sos di ruang kerjanya menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah pernah mengkolaborasikan antara Tari Saman dengan Debus juga Tari Saman dengan Garapan Musik Etnik Moderen Laskar Gayo, dan hasilnya cukup membuat penonton takjub.

“Kita tidak mengubah keaslian dari tari itu sendiri. Kita hanya ingin menunjukkan bahwa Gayo Lues kaya akan seni dan budaya, artinya bukan hanya Saman saja, tetapi banyak. Karena itu, diharapkan dengan kolaborasi yang baru seperti ini bisa merangsang anak-anak muda Gayo Lues untuk lebih mencintai Gayo Lues.

Syafruddin berharap, semoga dengan giatnya Dispar Gayo Lues membuat ide-ide baru dalam mempopulerkan kesenian Gayo Lues,  kedepan anak-anak kreatif Gayo Lues lebih termotivasi untuk lebih menyempurnakan ide yang sebelumnya kita lakukan,” ungkap Syafruddin.

Semoga kedepan akan lebih banyak lagi muncul ide-ide cemerlang dari anak-anak kita dalam hal mengembangkan dan menginovasikan seni budaya kita, tentu tanpa mengurangi atau menciderai keasliannya, demikian Syafruddin. (Tim TIC Gayo Lues)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×