Leuser, Suaka Tropis Terbesar dan Terkaya di Dunia

“HUTAN Leuser merupakan salah satu hutan dengan suaka tropis terbesar dan terkaya di dunia,” ungkap Mister Jali kepada Lintasgayo.co, Minggu (11/08/2013) siang dikediamannya, Kedah, Kecamatan Blangjerango, Kabupataen Gayo Lues.

Mr.Jali yang juga dikenal sebagai Guide sejak tahun 1980 lalu mengungkapkan, di Gunung Leuser terdapat lebih dari 1 juta hektar hutan hujan tropis yang merupakan jantung dari ekosistem Leuser yang meliputi lebih dari 2,6 Juta hektar.

Dalam hutan tersebut, tambah Mr.Jali pria bersuara serak ini terdapat hewan yang dilindungi serta terancam punah seperti Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Orang Utan, Badak Sumatera serta sekitar 174 spesies mamalia dan 380 spesies burung.

”Hutan Leuser juga merupakan surga tumbuhan kantong semar. Karena tutupan hutannya yang masih alami dengan kelembapan yang tinggi. Begitu juga dengan bermacam jenis tumbuhan Anggrek,” tambah Mr.Jali.

Mr.Jali menambahkan, maka itu dibentuklah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dalam tujuan agar hutan yang saat ini menjadi salah satu aset untuk kebutuhan kelangsungan hidup manusia.

“Konservasi ekosistem Leuser memerlukan kewaspadaan yang konstan baik masyarakat local, otoritas Taman Nasional, Pemerintah Daerah, dan Lembaga-lembaga Internasional untuk saling bekerja sama agar ekositem Leuser dapat bertahan,” harap Mr.Jali. (lintasgayo.co)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×