[Foto] Gayo Lues Raih Rekor Pagelaran Tari Saman Penari Terbanyak di Dunia

Ribuan warga menarikan Tari Saman dalam gelaran kolosal di Stadion Seribu Bukit, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, pada 13 Agustus 2017.

Pagelaran ini digelar selain sebagai upaya Pemerintah melestarikan Tari Saman sekaligus untuk memecahkan rekor MURI yang kedua kalinya.

Tari SamanHak atas foto CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP
Image captionPuluhan ribu warga laki-laki ikut serta dalam Tari Saman massal yang dipertunjukkan di Stadion Seribu Bukit, Kecamatan Blang Kejren, Kabupaten Gayo Lues, pada 13 Agustus 2017

Saat pertama diinisasi, acara tersebut hanya melibatkan 10.001 penari. Namun, saat penghitungan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) total penari disebutkan mencapai 12.277 orang. Dan, menurut MURI, tarian tersebut memecahkan ‘rekor tarian kolosal dengan penari terbanyak di dunia’. Di tahun 2014, rekor serupa hanya diikuti oleh 5.057 penari, kata salah satu wartawan lokal yakni Hidayatullah.

Seluruh penarinya laki-laki, yang berasal dari masyarakat di 145 desa di 11 kecamatan di Gayo Lues dan beberapa penari yang turut diundang dari Kabupaten Suadara diantaranya Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Aceh Timur.

tariHak atas foto CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP
Image captionWarga berasal dari empat kabupaten, yakni Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Gayo, dan Kabupaten Aceh Timur.

”Saman Gayo memang hanya ditarikan para laki-laki dan tidak untuk perempuan,” kata dia.

Selain dikenal sebagai tarian pemersatu, antara sesama penari Saman juga terjalin kekerabatan khusus yang dinamakan Serinen (Saudara).

tariHak atas foto CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP
Image captionMenurut catatan Museum Rekor Indonesia (MURI), peserta yang ikut berjumlah 12.262 orang, memecahkan ‘rekor tarian kolosal dengan penari terbanyak di dunia’. Di tahun 2014, rekor serupa hanya diikuti oleh 5.057 penari.

tariHak atas foto CHAIDEER MAHYUDDIN/AFPImage captionWarga berasal dari empat kabupaten, yakni Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Gayo, dan Kabupaten Aceh Timur.

tariHak atas foto CHAIDEER MAHYUDDIN/AFPImage captionTarian Saman massal ini digelar untuk memperingati Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pagelaran Tari Saman Terbesar di Dunia melibatkan 12.77 Penari yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues berjalan sukses. (Foto : Google)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×