Dosen Musik UNIMED Puji Program Musik Etnik Pemkab Gayo Lues

Ist

Ist

Blangkejeren: Salah satu juri Festival Musik Etnik Gayo yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gayo Lues pada Sabtu (24/9/2016) kemarin mengatakan, Gayo Lues harus semakin berani memulai peradaban musik Gayo.

“Salut buat acaranya. Ini jadi awal yang baik untuk meningkatkan gairah anak-anak muda. Gayo Lues harus berani memulai perdaban musik etnik di Negeri Seribu Bukit ini,” ungkap Mukhlis Hasbullah yang merupakan Dosen Pengajar Spesialis Musik Tradisi di Universitas Medan (UNIMED).

Menurutnya, dengan umur Gayo Lues yang masih belia, namun perkembangan musik etnik berkembang dengan baik.

“Seluruh grup yang mewakili Gayo Lues tampil dengan baik, teliti dan percaya diri. Walaupun hanya mampu meraih juara 4, jelas Gayo Lues jadi pendatang baru musik etnik yang harus diperhitungkan di Aceh,” terang Mukhlis.

Ia berharap, kegiatan kreativitas seni dan budaya aktif digelar di Gayo Lues, “Musik jadi salah satu kegiatan yang membawa anak-anak berfikir positif, konsentrasi, kreatif dan yang paling penting jauh dari hal-hal yang negatif,” terang Mukhlis.

Sementara itu, personil grup Burni Telong, salah satu peserta dari Bener Meriah di Festival Musik Etnik Win Ijal kepada LintasGayo.co, Senin (26/9) malam mengaku puas dengan proses penyelenggaran acara.

“Acaranya singkat, padat dan mantab. Semuanya enjoy dengan kinerja panitia penyelenggara dan kebijakan juri. Kami senang masyarakat Gayo Lues juga ikut mendukung, terbukti dari apresiasi penonton yang menyaksikan hingga acara selesai,” ungkap Ijal.

Namun Ijal berharap, kedepan Gayo Lues sudah harus memiliki perlengkapan event yang lebih lengkap lagi mengingat perkembangan bermusik para pemuda di Gayo Lues.

“Alhamdulillah Gayo Lues semakin berkembang. Kedepan Gayo Lues harus memiliki alat lebih lengkap lagi. Bukan tidak mungkin Festival Musik Etnik di Gayo Lues akan mengikuti jejak pagelaran tarian tradisionalnya seperti Tari Massal Saman untuk lebih dikenal orang banyak,” terang Ijal. (Win)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×