Dispar Gayo Lues Ajak Pengulu Kerja Sama Publikasikan Jadwal Pagelaran Tari Saman

Dalam rangka meningkatkan publikasi Pagelaran Tari Saman Sara Lo Sara Ingi (Semalam suntuk, Gayo: Red) atau Roa Lo Roa Ingi (Dua malam suntuk, Gayo: Red), Dinas Pariwisata Gayo Lues menggagas skema kerja sama dengan seluruh Pengulu melalui Camat di wilayah masing-masing di Kabupaten Gayo Lues.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, S.Sos pada Senin (22/5) menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat kerja sama kepada seluruh Pimpinan Camat untuk selanjutnya para Camat mensosialisasikan isi surat tersebut kepada seluruh Pengulu di wilayah masing-masing.

“Kita mengirimkan surat yang meminta para Pengulu untuk menyurati Dispar Gayo Lues jika nanti akan menggelar pagelaran Tari Saman. Minimal surat pemberitahuan tersebut dikirim ke kami satu minggu sebelum pegelaran Saman dimulai untuk kita publikasikan ke masyarakat luas,” terang Syafruddin.

Syafruddin menerangkan, publikasi mengenai jadwal Saman kepada masyarakat selama ini terlihat sepele, padahal jadwal tersebut sangat diperlukan oleh para wisatawan khususnya wisatawan dari luar daerah.

“Jika para wisatawan sudah mengetahui informasi mengenai waktu dan desa mana yang akan menggelar pagelaran Saman, tentu wisatawan tersebut akan lebih terbantu dalam mengatur jadwalnya mengunjungi Gayo Lues,” ungkap Syafruddin.

Lanjutnya, jika jadwal terpublikasi dengan baik tentu akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan luar ke Gayo Lues. Jadi, semakin banyak wisatawan yang berkunjung, perputaran uang di Gayo Lues juga akan semakin tinggi yang otomatis membawa keuntungan bagi masyarakat di Gayo Lues.

“Dengan cara yang sederhana ini, kita berharap bisa memanfaatkan kekayaan seni dan budaya Gayo Lues untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Gayo Lues,” pungkas Syafruddin.

Berikut gambar yang menjelaskan alur skema kerjasama yang dibangun Dispar Gayo Lues bersama para Pengulu di seluruh Gayo Lues. (Sumber: www.lintasgayo.co)

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Translate »
×